WINDOWS XP 
    


   Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analis IDC. Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk pengguna volume license pada 8 November 2006, dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum pada tanggal 30 Januari 2007. Banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) dan juga penjual ritel menghentikan produksi perangkat dengan Windows XP pada tanggal 30 Juni 2008. Microsoft sendiri terus menjual Windows XP melalui Custom-built PC (OEM kecil yang menjual komputer rakitan) sampai dengan 31 Januari 2009. Windows XP mungkin akan tetap tersedia bagi para pengguna korporasi dengan volume licensing, sebagai sarana downgrade untuk komputer-komputer yang belum siap menjalankan sistem operasi baru, Windows Vista Business Edition atau Ultimate Edition atau Windows 7 Professional.

     Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi. Edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional, 

Mengapa Microsoft menghentikan dukungan untuk Windows XP ?

Pada tahun 2002, Microsoft memperkenalkan kebijakan Periode Dukungan berdasarkan saran pelanggan agar dukungan untuk produk Microsoft lebih transparan dan terbuka. Sesuai kebijakan ini, produk Microsoft Business dan Pengembangan, termasuk produk Windows dan Office, menerima dukungan minimal 10 tahun (5 tahun Dukungan Utama dan 5 tahun Dukungan Tambahan), pada setiap paket layanan yang didukung.

Dengan demikian, dukungan untuk Windows XP SP3 dan Office 2003 tidak akan ada lagi pada 8 April 2014. Jika perusahaan Anda belum mulai memakai Windows versi terbaru, maka Anda akan tertinggal. Berdasarkan riwayat data penggunaan pelanggan, rata-rata penggunaan oleh perusahaan dapat berlangsung 18 hingga 32 bulan dari penggunaan hanya untuk keperluan bisnis sampai penggunaan untuk semua aktivitas perusahaan. Untuk memastikan Anda tetap memiliki versi Windows and Office yang didukung, Anda harus segera memulai perencanaan dan pengujian aplikasi Windows versi terbaru sebelum dukungan Windows versi lama berakhir.

Grafik penggunaan Windows XP dibandingkan penggunaan OS lain.

Anda yang masih menggunakan OS Windows XP pada komputer anda tidak perlu panik, berhentinya dukungan dari Microsoft ini tidak lantas membuat OS anda akan rusak dan tidak bisa digunakan. Hanya saja, anda tidak bisa lagi menerima windows update, (terutama patch keamanan) yang mungkin akan membuat OS anda rentan dari malware dan berbagai exploit lainnya.

Di lain hal, dihentikannya support dari Microsoft akan OS ini juga mungkin akan membuat para vendor hardware mengurangi dukungan driver atas hardware mereka kepada Windows XP.

Windows XP masih terbilang penggunaan terbanyak ke 2 sebelum Windows 7 meski OS yang lebih baik sudah mulai berdatangan. dikarenakan windows xp memiliki kernel yang baik dalam suatu sistem operasi serta dapat menangani hampir segala masalah dalam suatu aplikasi. atau lebih tepatnya lebih support dalam berbagai aplikasi yang berdatangan pada kurun waktu 13 tahun dari awal rilis pada 24 agustus 2001. Tetapi disayangkan Windows tidak menambakan fasilitas pertahanan lagi disebabkan sudah waktunya untuk mengakhiri perkembangan pada windows xp ini. 

Selamat Jalan dan Terima Kasih Windows XP!

Meski dukungan pada Windows XP resmi berakhir hari ini, kami yakin masih banyak pengguna XP yang terus menggunakan OS favoritnya tersebut, entah karena enggan upgrade, hardware terlalu uzur, maupun alasan-alasan lain. Saya pribadi sebagai overclocker kadang masih memanfaatkan OS Windows XP karena pada OS ini saya mendapat skor benchmark 3DMark2001SE dan juga SuperPI 32M tertinggi, haha :p.

Oh ya, tadi pagi kami sempat melihat-lihat reaksi berbagai pengguna seputar berakhirnya dukungan akan OS XP ini dan menemukan sebuah video unik yang dibuat seorang user di Youtube tentang ‘kematian’ Windows XP. Silahkan disimak!



Sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_XP
http://www.microsoft.com/id-id/business/business-news/windows-xp-sp3-and-office-2003-support-ends-april-8th-2014/


0 komentar:

Post a Comment