0
Kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa aspek, yaitu:
  a.  Topik yang menarik
  b.  Mudah dipahami oleh pembaca

A. Topik yang menarik

Biasanya sering sulit untuk dipahami, selain panjang juga memakai bahasa / diksi asing yang sulit dipahami. Untuk mendapatkan topik yang menarik harus dapat menentukan judul yang dapat menarik pembaca , antaralain :
  1. To the point: Langsung ke sasaran inti gagasan, judul karya tulis harus mencerminkan inti gagasan tulisan yang dibahas.
  2. Singkat dan padat : Judul karya tulis harus ringkas dan padat. 
  3. Memancing tasa ingin pembaca, misalnya : " Prabowo VS Jokowi untuk kursi RI 1 ". Padahal dalam pembahasan intinya hanya tentang debat capres dalam suatu siaran televisi, lalu memancing pembaca untuk membaca karya tulis.
  4. Bermanfaat.
  5. Topik yang dipilih
    hendaknya bermanfaat. Ditinjau dari segi akademis dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan dapat berguna dalam ehidupan sehari-hari maupun dari segi praktis.
  6. Jangan terlau luas.
  7. Penulis harus membatasi topik yang akan ditulis.Setipa penulis harus betul-betul yakin bahwa topik yang dipilihnya cukup sempit dan berbatas untuk digarap sehingga tulisannya dapat terfokus.

         
B. Mudah dipahami oleh pembaca


Aspek kedua yang harus diperhatikan penulis adalah mudah dipahami oleh pembaca. kualitas karya tulis baik tidaknya diterima oleh pembaca adalah karya tulis yang tidak berbelit-belit kata-katanya dan mudah dipahami oleh pembaca.
Kemenarikan suatu buku tidak saja dari isi materi yang disajikan tetapi juga sosok tampilan buku. Buku yang terlalu tebal, penuh dengan tulisan mungkin kurang menarik bagi kelompok pembaca tertentu. Sebab itu sangat penting untuk mengetahui kepada siapa buku anda akan ditujukan. Buku bagi kelompok anak-anak, tentunya disajikan dengan sosok yang meriah, warna-warni, ceria sesuai dengan kehendak mereka.
Kesimpulannya : 
Bahwa untuk mencari topik yang menarik harus memilih masalah topik yang terbaru atau terhangat atau terkini sehingga pembahasan tidak menjadi basi dan juga mendapatkan judul-judul yang dapat menarik pembaca untuk membaca suatu karya tulis. Dan juga bahasa yang tidak terlalu komplek sehingga pembaca mudah memahami inti dalam karya tulis tersebut sehingga menambah ketertarikan pembaca untuk membaca lebih luas dalam karya tulis tersebut. 


Sumber : http://www.anneahira.com/judul-karya-tulis-ilmiah.htm

0 komentar:

Post a Comment