0
PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT


Bismillahi..


Di kesempatan kali ini saya akan menceritakan dan menjelaskan serta memaparkan adanya pelapisan sosial derajat di lingkungan sekitar hidup saya yang saya alami.
Pelapisan sosial itu sendiri mungkin mengartikan bahwa adanya penumpukan atau mengebawahkan sekelompok dari masyarakat bawah dari masyarakat atas. 
Dampak dampak yang terjadi akibat adanya pelapisan sosial mencakup dampak positif dan negatif. Pertama saya akan mengangkat topik tentang dampak negatifnya dari pelapisan sosial. Banyak dampak positf yang disebabkan oleh pelapisan sosial, mulai dari kesenjangan masyarakat antara yang kaya dan yang kurang mampu, saya pernah melihat di dekat rumah saya. Warga kampung kurang setuju adanya penutupan pager di komplek karena menurut warga kampung itu , komplek itu termasuk jalan alternatif yang cepat untuk samai tujuan. Dari warga komplek merasa risih karena kegiatan komplek yang membuat bising warga komplek dan terkadang remaja antar kampung sebelah tawuran di komplek. karan komplek adalah tepat di tengah tengah antar kampung. Warga komplek merasakan kekuasaanya di lapisan atas karena lebih mempunyai dari pada warga kampung. itu sedikit dampak negatif dari pelapisan sosial. 


from: GOOGLE

Dampak positif dari kehidarnnya pelapisan sosial adalah. Membangun suiatu kerja sama antar sesama kelompok , sehingga tercipta suatu yang telah diharapkan sebelumnya bersama. 
Contohnya, dalam warga yang lebih mampu . ingin membangun sebuah masjid yang memerlukan tenaga kerja supaya masjid itu berdiri, si orang mampu mengeluarkan biaya tapi tidak bisa membantu mengerjakannya karena tidak memunya skill dalam hal kekuatan tetapi dalam hal arsitekture, si orang mampu itu memberikan sektsa gambaran untuk membuat masjidnya, dan para sekelompok tenaga kerja yang rata - rata kurang mampu mengerjakannya ramai ramai karena mereka ingin mendapatkan penghasilan dan tentu ingin menyelesaikan pekerjaan tersebut karna dia mempunyai skill untuk membuat bangunan tersebut. 

Mungkin itu contoh kecil dari pelapisan sosial yang saya amati di sekitar lingkungan saya, 
mohon maaf kalo kata katanya kurang enak dibaca oleh pembaca, sekian terima kasih. 

0 komentar:

Post a Comment