Tanggung jawab itu sendiri adalah suatu kesadaran yang harus dilakukan seseorang terhadap apa yang telah dilakukannya, bisa dalam bentuk menggantikan, atau menjaga kebenaran dalam suatu omongan yang telah di lontarkan. Tanggung jawab adalah suatu kewajiban untuk semua mahluk sosial . 

Sebagai notabene Mahluk Sosial di muka bumi ini, kita sebagai manusia atau orang yang kedudukannya paling atas di muka bumi dari pada mahluk hidup lainnya. kita mesti mempunyai suatu gagasan untuk mencapai suatu kesempurnaan dalam hidup. Sebagai mahluk hidup yang mempunyai suatu tanggung jawab , kita harus selalu memikirkan suatu tindakan yang akan kita lakukan sebelum kita perbuat. manusia mempunyai tuntunan terbesar untuk melakukan tanggung jawab . 


Sebagai contoh , kita sebagai mahluk berpendidikan di Nusantara Indonesia, kita harus selalu memikirkan kemana arah masa depan yang akan kita tuju, masa depan itu pun juga harus dengan prinsip dan tanggung jawab. Tanggung Jawab yang harus kita lakukan dalam manusia berpendidikan adalah mempunyai atitude atau sikap yang menonjolkan generasi muda yang berguna dikemudian hari. Tujuan tanggung jawab itu adalah untuk melakukan hal yang telah kita perbuat. 

Sebagai mahasiswa, tanggung jawab nya adalah selalu belajar untuk menjadikan generasi yang muda yang berguna. tidak hanya dengan belajar tapi dengan mempunyai sikap dan kepribadaian baik. menggunakan kepribadian adalah kunci utama sebagai mahasiswa yang teladan, dan menjadikan kebanggaan setaip manusia bila kita mempunyai nilai dari prestasi dalam kemahasiswaan. Dengan mengikuti alur dalam perjalanan pembelajaran adalah suatu tanggung jawab yang harus dilakukan dalam setiap mahasiswa contohnya mengikuti semua kegiatan yang telah dijadwalkan oleh kampus (ikut praktikum, ujian, dan mengerjakan semua tugas in dan out. ) , 

Menurut saya itu saja yang saya ketahui sedikit tentang  Tanggung Jawab sebagai mahasiswa. Kesalahan milik manusia. dan kesempurnaan hanya milik ALLAH SWT. jadi bila banyak kesalahan mohon dimaafkan. 

0 komentar:

Post a Comment