Microsoft memperkenalkan API (Application Programming Interfaces) DirectX generasi terbaru mereka, DirectX 12. Pada DirectX 12, Microsoft melakukan desain ulang pada graphics API Dircet3D sehingga memiliki kemampuan lebih baik dan lebih efisien dibandingkan generasi sebelumnya. Direct3D 12 memungkinkan utilisasi penuh komponen graphics card modern sehingga mampu menghasilkan kualitas grafik lebih baik. Seperti kita ketahui, graphics API memegang peranan penting pada aplikasi 3D seperti game. Graphics API menjadi jembatan penghubung antara aplikasi 3D dan komponen graphics card dalam berkomunikasi.


Salah satu keunggulan dari Direct3D 12 adalah graphics API tersebut kini lebih dekat ke sisi hardware dimana dalam hal ini adalah graphics card. Tidak hanya itu, Direct3D 12 juga mengijinkan utilisasi CPU lebih baik dimana sistem dengan jumlah thread berlimpah akan sangat diuntungkan.



Salah satu daya tarik dari DirectX 12 adalah kemampuan API tersebut dapat digunakan pada graphics card DirectX 11. Untuk AMD, dukungan tersedia pada graphics card dengan arsitektur GPU GCN (Graphics Core Next) seperti Radeon HD 7000 Series dan generasi di atasnya. Tidak hanya itu, teknologi DirectX 12 juga akan hadir pada console gaming teranyar milik Microsoft yaitu XBOX ONE. Sedangkan untuk NVIDIA, seluruh graphics card DirectX 11 mereka (Fermi, Kepler, dan Maxwell) mendukung teknologi DirectX 12. Sementara itu untuk Intel dapat ditemukan pada GPU dengan arsitektur Haswell.


Sumber :

http://www.ign.com/articles/2014/03/20/gdc-microsoft-reveals-directx-12-xbox-one-improvements

0 komentar:

Post a Comment