BISMILLAH . . . 


KEBUDAYAAN JAKARTA. 


Saya kali ini akan membicarakan topik tentang KEBUDAYAAN DI KOTA JAKARTA. yang dimana kebudayaan asli dari kota Jakarta adalah BETAWI. 


Suku Betawi adalah suku yang mulanya di awali dari campuran Bangsa Belanda dan Batavia . kata Betawi berasal dari kata "BATAVIA", yaitu nama asli pertama Jakarta pada masa masa "Hindia Belanda". 


Ini adalah penampakan kota Batavia pada era jaman baheula . 
yaitu foto MuseumFatahilah:




Dalam bahasa sehari - hari. kebudayaan Betawi sangat lah mencolok. contohnya " eh tong. mau kemane lo, kemarii dulu tong bantuin emak. " itu adalah contoh sedikit dari bahasa kebudayaan Betawi. ya yang dibilang agak kocak. . 

Untuk senjata yang digunakan dalam kebudayaan Betawi adalah : 
  1. ROTAN 
  2. CUNRIK
  3. BLANGKAS
  4. GOLOK
  5. SIKU

 
(ROTAN)

( CUNRIK)


( GOLOK )

Bela diri yang digunakan dalam kebudayaan Betawi adalah Pencak Silat. 


Nah . sekarang ane pengen kasih tahu kepada semua seluruh jagat raya, terutame BANGSA INDONESIA, tentang adat kebudayaan BETAWI  :

1. Ada yang namanya PAKAIAN ADAT BETAWI. 


2. Pernikahan Adat Betawi.
Yang ini di bilang paling seru. karena prosesnya paling sulit. karena ada adu Pantun, adu silat.. 

3 Ondel- ondel
 ondel ondel adalah boneka khas Betawi yang di buat besar yang dibuat dari bahan kain panjang dan kandang ayam yang besar untuk perutnya. Serta di jalankan oleh manusia di dalam ondel - ondel tersebut. 


4. Rumah adat Betawi. 
Rumah adat Betawi yaitu adalah rumah Bapang yaitu rumah nya berbentik kotak. mempunyai ruang tamu, ruang makan , serta ruang tidur. Ada juga rumah Gudang yaitu rumah yang berbentuk persegi panjang. Secara keseluruhan, rumah Betawi memakai artitekstur dari kayu dan bambu. 

5. Makanan dan Minuman Khas Adat Betawi
   
^. Sayur Gabus Pucung
^. Soto Betawi
^. Keraktelor

(KERAK TELOR)



(SAYUR GABUS PUCUNG)


(SOTO BETAWI)
^. Semur Jengkol
^. Gado" Boplo
^. Bir Pletok
^. Roti Buaya

. yaa ini adalah sebagian kecil dari makanan dan minuman khas dari Betawi. Sebenarnya masih banyak yang ingin di kasih tau. karena terbatasnya tenaga mata. hehehe

Sekian dari pembahasan Kebudayaan Jakarta yaitu Suku Betawi, Saya penulis dari artikel ini mengucapkan banyak terimakasih dan mohon maaf bila ada kesalahan dan kesamaan dalam gambar atau penempatan tempat. 

PENULIS : M RIDZKI WAHYU WICAKSONO.

0 komentar:

Post a Comment