BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang Masalah
Kebutuhan yang diyakini dalam mencari lembaga pendidikan demi bekal masa depan masih tergolong sangat minim informasi, Sekolah menengah atas (SMA) adalah sebuah jenjang paling tinggi dilingkungan pendidikan sekolah menengah  di Indonesia. Sekolah menengah atas masih sangat kurang dalam memberikan informasi di karena kan terbatasnya teknologi yang digunakan. 
Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat dalam segala aspek, termasuk dalam segi pembuatan aplikasi yang berkembang ke dalam perangkat telekomunikasi bebasis mobile. Aplikasi ini dibuat untuk perangkat yang sedang popular saat ini yaitu Android. Alasannya adalah untuk memberikan informasi melalui alat telekomunikasi mobile  dan dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sebuah informasi, terlebih pengguna alat telekomunikasi yang sering di sebut smartphone Andoid tersebut sudah terlampau banyak di gunakan oleh masyarakat luas. Smartphone adalah perkembangan dari telekomunikasi yang sudah memiliki banyak fungsi yang tidak hanya untuk alat komunikasi telepon atau mengirim pesan. Tetapi telekomunikasi saat ini dapat melakukan lebih dari telepon genggam biasa. Smartphone saat ini sudah memiliki banyak fungsi , salah satunya memberikan informasi kepada pengguna sebuah aplikasi terutama android untuk menunjukan profil sekolah yang hendak di cari menggunakan GPS ( Global Position System ) yaitu sistem yang menggunakan sarana Google Maps sebagai penunjuk posisi, sehingga dapat memudahkan pengguna dalam menentukan arah hingga sampai tujuan. Agar para orang tua dan calon Siswa/i mendapatkan informasi, menghemat waktu dalam pencarian lokasi. Penulis merancang aplikasi ini menggunakan platform android dengan atribut seperti SDK ( Software Development Kit ), ADT ( Android Development Kit ) , Eclipse, PhpMyadmin dan MySql sebagai database.


            Aplikasi ini sebelumnya telah dibuat terlebih dahulu dengan batasan lingkup daerah yang terlampau luas. Karena orang tua dari siswa/i lebih menginginkan informasi dengan cakupan lebih sempit agar informasi dapat diberikan sesuai dengan  daerah yang ditinggalkan.
            Perkembangan dari sebuah Aplikasi yang sudah ada dengan lingkup daerah yang lebih sempit dimaksudkan agar para calon Siswa / i dan para orang tua lebih terfokus untuk memilih sekolah didaerah nya. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang sekolah secara lengkap di daerah Kecamatan Makasar dan Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur dengan banyak 9 SMA Negeri  
            Dalam Penulisan Ilmiah ini penulis membuat “ Aplikasi Android Location Based Service (LBS) Untuk SMA Negeri di Daerah Kecamatan Makasar dan Kramat Jati, Jakarta Timur menggunakan Eclipse ”, untuk mengetahui informasi dan lokasi sekolah tersebut.

1.2              Perumusan Masalah
            Kebanyakan para orang tua dan calon murid SMA kesulitan dalam  mencari sebuah informasi dan Lokasi sekolah. Karena itu informasi yang cepat dan akurat sangat dibutuhkan sekali untuk mengetahui informasi dan lokasi sekolah. Dengan adanya kemajuan teknologi pada alat telekomunikasi seperti Smartphone (Telepon Pintar),  aplikasi ini akan dibenamkan kedalam perangkat komunikasi tersebut. Sehingga pengguna tidak lagi membutuhkan sarana peta kertas untuk mendapatkan informasi lokasi sekolah yang di inginkan.

            Dalam penulisan ilmiah ini, masalah yang dihadapi adalah :
1.      Bagaimana merancang sebuh aplikasi LBS untuk mempermudah dalam mengetahui lokasi dan informasi tentang sekolah di Kecamatan Makasar dan Kramat Jati, Jakarta Timur.
2.      Bagaimana mengimplementasi dan menginterigasikan aplikasi ini kedalam perangkat Smartphone berbasis android, sehingga pengguna (user) tidak kesulitan dalam mendapatkan informasi dan lokasi Sekolah di Kecamatan Makasar dan Kramat Jati, Jakarta Timur.

1.3              Batasan Masalah
Agar pembahasan masalah tetap berada dalam batasan dan tidak menyimpang terlalu jauh melewati batas yang akan dibahas dari permasalahan sebenernya, maka diperlukan suatu batasan masalah antara lain :

1.      Aplikasi ini dibuat menggunakan platform Android. Sehingga aplikasi ini hanya akan bisa dijalankan di perangkat mobile berbasis platform Android.
2.      Penulisan Ilmiah ini tidak membahas keamanan database dan keamanan jaringan yang dibutuhkan untuk aplikasi.
3.      Aplikasi ini hanya menampilkan data / sampel dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di daerah Kecamatan Makasar dan Kramat Jati, Jakarta Timur

1.4              Tujuan Penulisan
Membuat aplikasi android dengan sistem Location Based Service  (LBS) Untuk SMA Negeri di daerah Kecamatan Makasar dan Kramat Jati, Jakarta Timur.  Penulis membuat aplikasi ini untuk mempermudah pemberian informasi dengan sasaran pengguna yang mengoperasikan sebuah perangkat mobile berbasis android, sehingga dapat membantu mempersingkat waktu dan meringankan biaya kepada para orang tua dan calon murid untuk mendapatkan informasi dan lokasi sekolah yang dicari.

1.5              Metode Penelitian
Dalam penulisan ilmiah ini. Penulis menerapkan pengembangan sistem SDLC (System Development Life Cycle). Siklus Hidup Pengembangan Sistem adalah proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem tersebut. Langkah – langkah SDLC sebagai berikut :

1.      Perencanaan.
Penulis merencanakan sebuah konsep yang ingin dibangun dalam pembuatan aplikasi LBS SMA di daerah Kecamatan Makasar dan Kramat Jati, Jakarta Timur. Mengumpulkan informasi - informasi yang terkait dengan aplikasi sehingga pengguna dapat mengetahui informasi yang tertera pada LBS SMA di daerah Kecamatan Makasar dan Kramat Jati, Jakarta Timur.

2.      Analisis Kebutuhan
Penulis menganalisa kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna mengenai informasi yang berguna pada system LBS SMA di daerah Kecamatan Makasar dan Kramat Jati, Jakarta Timur.
Spesifikasi perangkat lunak (software) komputer yang digunakan sebagai berikut :
1.      Proccessor Intel I5-2300 2.80 GHz.
2.      Kapasitas RAM sebesar 6 GB.
3.      Windows 8.1 Pro 64bit.
4.      Android SDK Manager.
5.      ADT Eclipse.
6.      PhpMyAdmin.
Untuk menjalankan aplikasi ini pada smartphone Android specifikasi minimal sebagai berikut :
1.      Proccessor 538 MHz ARM.
2.      Ram 192 MB.
3.      Android 2.3 GingerBread.

3.      Desain Sistem
Proses desain ini melakukan proses mendesain sistem yang akan di buat. Sehingga maksud dan tujuan dari pembuatan aplikasi ini terpenuhi.



4.      Implementasi
Aplikasi LBS SMA ini akan dibangun setelah proses desain sistem telah terpenuhi. Aplikasi ini akan di implementasikan pada smartphone dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

1.6              SISTEMATIKA PENULISAN

BAB I             : PENDAHULUAN
Dalam Bab ini berisi tentang bahasan latar belakang, perumusan masalah, batasan permasalahan, tujuan penulisan, metode penilitian dan sistematika penulisan.

BAB II            : LANDASAN TEORI
Bab ini membahas mengenai teori-teori LBS (location based service), pemograman java, perancangan antar muka menggunakan xml, dan sistem operasi android yang menjadi acuan dalam pembuatan aplikasi ini.

BAB III          : ANALISIS DAN PERANCANGAN
Bab ini menjelaskan mengenai perancangan aplikasi yang akan dibuat dan uji coba aplikasi dengan hasil kuisioner kepada yang bersangkutan dengan aplikasi yang dibuat.

BAB IV          : PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan pembahasan penulisan dan saran – saran.




0 komentar:

Post a Comment