Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:

1. Multi-platform: Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.
2. Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.
3. Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.

Sejak versi 3.0, Eclipse pada dasarnya merupakan sebuah kernel, yang mengangkat plug-in. Apa yang dapat digunakan di dalam Eclipse sebenarnya adalah fungsi dari plug-in yang sudah diinstal. Ini merupakan basis dari Eclipse yang dinamakan Rich Client Platform (RCP).

Di Atas adalah sedikit banyak dari penjelasan mengenai aplikasi Eclipse, Kesimpulan dari penjelasan tersebut ialah dimana sebuah aplikasi suau pengembangan pemograman ini mempunyai 3 macam platform, dan dari awal versi kernel yang digunakan pun tidak pernah berubah. Lalu aplikasi ini berbasis OpenSource, jadi bisa digunakan oleh banyak pengguna dengan cara gratis. Dalam penggunaan aplikasi ini sangat dibutuhkan dalam pemngembangan sistem. Karena sistem ini secara garis besar dibuat unutk membuat suatu program kecil mau pun program besar. Dengan tampilan yang sangat minim dan mudah untuk di kerjakan maka motede aplikasi ini sangat mungkin untuk di pilih dalam pelaksanaan pengembangan sistem.

source : http://id.wikipedia.org/wiki/Eclipse_(perangkat_lunak)

0 komentar:

Post a Comment