0

Ekonomi


Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksidistribusi, dankonsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum". Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Kelangkaan (scarcity) adalah masalah sentral dalam ekonomika. Dalam manajemen rumah tangga, untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, manusia berhadapan dengan sumber daya yang terbatas. Sehingga terdapat konsep pilihan (choice) dan pengorbanan (opportunity cost) sebagai konsekuensi dari kelangkaan ini.


Metodologi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari metode, umumnya metode ilmiah, yang berhubungan dengan ekonomi, termasuk prinsip tentang pertimbangan ekonomi. Istilah 'metodologi' juga umum meskipun salah dan digunakan sebagai sinonim dari 'metode'.
Masalah-masalah metodologi yang dibahas, termasuk kesamaan dan kemiripan dengan ilmu alam dan ilmu sosial lain, yaitu:

  • Pengertian Ekonomi
Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dankonsumsi terhadap barang dan jasa.



  • Cakupan ilmu ekonomi seperti yang ditetapkan metodenya
Mikroekonomi dan Makroekonomi

Mikroekonomi fokus kepada aspek harga dan kuantitas pada suatu pasar barang atau jasa, bagaimana keseimbangan dan alokasi sumber daya antar pasar terjadi. Salah satu temuan ekonom abad XVIII adalah konsep penting harga sebagai sinyal alokasi dan realokasi sumber daya dalam suatu pasar dan antar pasar yang independen
Makroekonomi di sisi lain adalah analisis yang mengesampingkan aspek individual dan lebih menekankan agregasi atribut individual. Misalnya pasar, makroekonomi fokus ke seluruh pasar relatif terhadap satu jenis pasar saja. Apabila di dalam pasar ada individu-individu pembeli, maka kumpulan permintan pembeli dapat disebut sebagai permintaan agregat (aggregate demand). Begitu pula kumpulan penawaran dapat diistilahkan sebagai aggregate supply.

  • Prinsip dasar dan kepentingan operasi teori ekonomi
1.    Barang dan Jasa
       Menurut kegunaannya, sesuatu barang dapat dirinci sebagai berikut.
  1. 1.    Form Utility (berguna karena bentuknya)

bahwa suatu barang itu menjadi berguna bagi manusia sebab bentuknya memenuhi persyaratan atau sesuatu benda menjadi berguna bagi manusia setelah bentuknya diubah untuk disesuaikan dengan keadaan.

  1. 2.      Time Utility (berguna karna waktu)

Bahwa suatu barang bermanfaatkan jika tepat pada waktunya

  1. 3.      Place Utility (berguna karena tempatnya)

artinya suatu barang menjadi bermanfaat bagi manusia karena tempatnya atau sudah dipindahkan tempatnya
.
  1. 4.      Own Utility (berguna karena kepemilikan)

maksudnya bahwa suatu barang itu menjadi berguna bagi manusia karena barang tersebut dimiliki, dan tidak lagi berguna jika tidak dimiliki.

  1. 5.      Element Utility (berguna karena unsurnya)

berguna karena unsur didalamnya.

                                   
A.    Pembagian Barang menurut penyediaannya
1.      Barang-barang Bebas
Adalah barang-barang yang tersedia berlimpah-limpah dan setiap orang dapat memperolehnya dengan bebas dengan cara yang mudah
2.      Barang-barang ekonomi
Adalah barang-barang yang penyediannya relatif jarang atau langkah. Untuk memperoleh barang-barang itu orang yang lebih terdahulu berjuang.
B.     Pembagian barang menurut daya tahannya
1.      Tahan lama
Barang-barang yang bisa dipakai lebih dari sekali.
Contoh : Televisi
2.      Barang-barang tidak tahan lama
Barang-barang yang akan segera lenyap atau habis dengan sekali pakai saja.
Contoh : Sayuran


C.     Pembagian Barang Menurut Penggunaanya
Menurut penggunaannya atau menurut cara bagaimanakah sesuatu barang dipergunakan orang, barang dibagi pula menjadi 2, yaitu Barang konsumsi dan barang Investasi atau barang Modal atau barang Produksi.
1.      Barang Konsumsi adalah: barang yg langsung dapat dipakai atau dinikmati
Contoh : Rokok, baju, minyak rambut, dll.
2.      Barang Investasi adalah barang-barang yg hanya dapat dinikmati hasilnya, Jadi buka barang itu sendirilah yang dinikmati, melainkan hasilnya.
Contoh : peralatan kantor, gudang penyimpanan, mobil yang digunakan keperluan perusahaan.

3.      Kebutuhan Manusia
Kebutuhan manusia sangat banyak ragamnya dan tidak terbatas jumlahnya dan akan terus bertambah seuai dengan peradaban atau kebudayaan. Keanekaragaman kebutuhan manusia itu disebabkan oleh faktor usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan. Sehingga perbedaan tingkat kebutuhan dapat disebabkan oleh
a. Status Sosial
b. Tingkat Pendidikan
c. Kemajuan Kebudayaan

Dapat disimpulkan bahwa kebutuhan manusia merupakan segala sesuatu keinginan yang dirasa perlu untuk dipenuhi manusia, dan tindakan ekonomi merupakan tindakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya dengan jalan bekerja.

  • Masalah Ekonomi

Masalah ekonomi mengalami perkembangan. Masalah ekonomi dizaman terdahulu lebih sempit daripada masalah-masalah ekonomi pada zaman-zaman sesudahnya. Sebab kebutuhan manusiapun bergerak dengan pola.

Perkembangan masalah ekonomi dari masa kemasa menyertai perkembangan peradaban manusia. Untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang dihadapinya sehari-hari, menusia haruslah bertindak, harus berbuat. Perbuatan manusia dengan tujuan memecahkan masalah-masalah ekonomi, apapun perbuatan itu, baik untuk untuk mencukupi kebutuhan pribadinya maupun untuk meraih keuntungan dalam usahanya disebut sebagai perbuatan ekonomi.

Sementara itu, motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan perbuatan ekonominya disebut motif ekonomi. Didalam melakukan perbuatan ekonominya, orang berpegang teguh pada prinsip ekonomi, yaitu bahwa perbuatannya itu harus dilakukan dengan cara sedemikian rupa sehinggadengan peralatan bekal yang tersedia dapat dicapai hasil yang sebesar-besarnya.



Source :
www.slideshare.net/.../konsep-dasar-ekonomi

0 komentar:

Post a Comment