ILMU SOSIAL DASAR




Ilmu (atau ilmu pengetahuan) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.

Ilmu sosial atau ilmu pengetahuan sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia di masa kini dan masa lalu. 

Jadi dari pengertian di atas, Ilmu Sosial Dasar (ISD) :

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti : sejarah,ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar :
Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum. Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a.Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan maslah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c. Menyadari setiap masalh sosial yang timbul dala masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
d. Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

Dalam penjelasan materi yang saya dapat dari dari mata kuliah ILMU SOSIAL DASAR (ISD) . Ilmu Sosial Dasar mempunyai beberapa materi antara lain :
  1. RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR
  2. PENDUDUK MASYARAKATDAN KEBUDAYAAN
  3. INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT. 
  4. PEMUDA DAN SOSIALISASI
  5. WARGA NEGARA DAN NEGARA LAIN
  6. PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT
  7. MASYARAKAT DESA DAN KOTA
  8. PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI MASYARAKAT
  9. ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN
  10. AGAMA DAN MASYARAKAT

REFRENSI DAN SUMBER :
  1. wikipedia.org
  2. http://laluilmi.blogspot.com/2009/12/ilmu-sosial-dasar-sebagai-salah-satu.html
  3. DOSEN IBU VERONICA.
----------------------------------------------------------SELESAI---------------------------------------------------------
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Post a Comment