Bab 3
Pembahasan
       I.       I     Gambaran Umum Pengembangan Sistem Informasi Bisnis

     A. Gambaran Sistem Lama
      Pada Sistem yang lama proses belanja dilakukan secara konvensional yaitu pembeli mendatangi tempat belanja yang diinginkan, memilih barang yang ingin dibeli, dan membayarnya di kasir.

 B. Gambaran Sistem Baru
            Pada Sistem baru tahap yang harus dilakukan para pembeli yang menggunakan jasa www.sukamart.com adalah sebagai berikut :
1. Pengguna membuka website www.sukamart.com/id menggunakan browser baik dari komputer ataupun smartphone.
        2. Pengguna membuat akun dengan mengisikan nama pengguna, username, password, dan alamat e-mail.
            3. Setelah akun berhasil dibuat pengguna dapat langsung memesan dan melakukan pembelian secara online melalui website tersebut.
            4. Lalu dalam proses pemesanan barang, pertama-tama pengguna memilih barang yang diinginkan.
            5. Selanjutnya, pembeli mengisi form pemesanan barang dan pemesan dapat memilih   tiga cara untuk pembayarannya, yaitu melalui transfer bank, credit card, dan Cash On Delivery.
            6. Setelah semua berhasil pengguna hanya tinggal menunggu pesanannya datang di alamat yang tertera pada pemesanan

 I.                 II.  Analisa Kebutuhan
Dalam mengembangkan sebuah system informasi seperti system penjualan keperluan rumah tangga yang terlebih dahulu menggunakan system manual, sekarang system yang akan dikembangkan menggambarkan sebuah website penjualan keperluan rumah tangga. Berikut tahapan perancangan system penjualan melalui website.



Cara kerja dari website ini sebagai berikut:
1       1. Pengguna terlebih dahulu mengunjungi alamat sukamart.com
2    2.  Pengguna mendaftarkan data diri.
       3. Pengguna memilih barang yang hendak di beli, lalu klik tombol beli sehingga masuk kedalam kotak keranjang / cart.
4    4.  Setelah semua terkumpul dalam cart. Lakukan chectout untuk konfirmasi ke anggotaan.
5    5.  Lakukan pembayaran melalui 3 tahap.

Berikut merupakan deskripsi dari tahapan-tahapan yang dilakukan dalam pengembangan website penjualan  yaitu:
1.                  Perencanaan
            Tahapan pertama dari website ini yaitu mengumpulkan informasi atau data yang diperlukan dan berkaitan dengan materi yang dibahas, diantaranya:
·         Menentukan barang apa saja yang masuk dalam penjualan website.
·         Melakukan pencatatan barang yang hendak di jual didalam website.
·         Menentukan bagaimana tata cara penjualan di website
2.                  Analisa
            Pada tahapan ini berupa proses analisa kebutuhan, yaitu merencanakan bagaimana website di buat, perangkat lunak dan perangkat keras apa saja yang dibutuhkan, untuk membuat website.
3.                  Perancangan
            Tahapan ini meliputi pembuatan model perancangan DFD dan pembuatan desain struktur navigasi dari aplikasi yang akan dibuat, sebagai bahan acuan untuk membuat aplikasi yang mudah untuk dioperasikan oleh pengguna. Selain itu, penulis juga melaukukan perancangan antar muka atau yang biasa disebut User Interface yang diperlukan untuk dasar pembuatan aplikasi yang dimaksud sehingga tampilan antarmuka aplikasi lebih terorganisir dan efektif
4.                  Implementasi
            Pada tahapan implementasi dilakukan metode pengembangan sistem SDLC, dimana yang akan menjadi sampel atau contoh adalah sejumlah pengguna internet. Dalam metode SDLC ini akan menentukan apakah website ini layak untuk di distribusikan atau perlu adanya perbaikan lebih lanjut agar sesuai dengan fungsi dan tujuan yang diterapkan.
   III.            Perancangan Website
            Dalam tahapan ini dirancang aplikasi berdasarkan hasil analisis dan pengumpulan data yang telah dilakukan, Pemodelan adalah proses merancang piranti lunak sebelum melakukan pengkodean (codding). Dalam pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan teknik pendekatan berorientasi objek yaitu Data Flow Diagram (DFD).

                           
 IV.       Rencana Kegiatan
            Pengembangan sistem ini akan dilaksanakan dalam waktu 3 bulan. Dalam 3 bulan tersebut akan dilakukan berbagai tahap kegiatan seperti berikut ini:
1.      Analisis
Menganalisa kegiatan yang akan dilakukan untuk mendapatkan data secara terperinci bedasarkan sistem yang akan dikembangkan dalam Website Sukamart.com. Dalam hal ini kami merencanakan untuk melakukan kegiatan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data dari pihak yang bersangkutan. Berikut adalah rencana kegiatan berikut ini:
1.      Melakukan observasi dalam kegiatan jual beli pada warung sukamart, agar mengetahui kendala apa saja yang terjadi dengan menggunakan penjualan  manual.
2.      Melakukan wawancara kepada penjual dan pembeli.
3.      Menyusun laporan data hasil Wawancara Dan Observasi.
4.      Menyusun dan Menganalisa Kebutuhan sistem yang akan dikembangkan.

2.      Perancangan Sistem
Tahap ini adalah rancangan kegiatan dalam tahap perancangan sistem sebagai berikut:
1.      Pembelian program untuk pengembangan sistem (Adobe Dreamweaver CC, Sql Server).
2.      Melakukan penggambaran sistem / desain website Sukamart.com
3.      Pembelian Hosting Server guna untuk menerbitkan website kepada public.

3.      Implementasi
Pada tahap ini, dilakukan pengkodingan website, Memasukan database barang yang di jual, dan melakukan uji coba terhadap website apakah masih terdapat syntax error atau tidak. Setelah uji coba website berhasil dengan baik, maka dilakukan pelatihan penggunaan website pada penjual dan pengguna toko sukamart.

4.      Dokumentasi
Dalam membuat dan mengembangan sistem ini akan terdapat dokumentasi yang dibutuhkan termasuk diantaranya seperti cacatan hasil analisis kegiatan dalam pengambilan data observasi dan wawancara, cacatan rancangan program yang akan di buat, cacatan kebutuhan yang diperlukan, cacatan hasil program yang sudah jadi, catatan hasil uji coba kelayakan website sukamart.com. Dokumentasi dilakukan setiap aktifitas berjalan.

5.      Jadwal Kegiatan
Untuk merealisasikan kegiatan pengembangan sistem penjualan toko sukamart menggunakan penjualan online / website e-commerce, Kurang lebih memerlukan waktu 3 bulan dengan tahap kegiatan sebagai berikut:

V.   Anggaran Biaya
No.
Perincian
Biaya ( Rupiah )
1.
Software
Rp. 2.500.000
1
Pembuatan Website
Rp. 5.000.000
4
Transportasi
Rp. 200.000
5
Dokumentasi
Rp. 300.000
Jumlah
Rp. 8.000.000

ANALISIS SISTEM
VI. Skenario Pengumpulan Data
Tujuan: Untuk mengetahui tingkat kepuasan User tentang pengembangan sistem yang baru.
  
A.    Skenario Observasi

Tujuan                         : Menganalisa Sistem Penjualan Toko Sukamart
Hari/Tgl                       : Senin – Sabtu / 10 - 15 November 2014
Tempat                        : Toko SukaMart
`           Lama Waktu               : 6 Hari

B.     Skenario Wawancara

Narasumber                 : Bapak Budiman , Pemilik Toko Sukamart
Hari/Tanggal               : Senin, 17 November 2014
Tempat                        : Toko SukaMart
Jam/Lama                    : 09.00 – 11.00 WIB

Daftar Pertanyaan :
1.      Bagaimana menurut anda tentang pengembangan sistem penjualan toko sukamart menggunakan penjualan online / website e-commerce ?
2.      Apakah anda setuju dengan adanya pengembangan sistem penjualan toko sukamart menggunakan penjualan online / website e-commerce?
3.      Menurut anda apakah pengembangan sistem penjualan toko sukamart menggunakan penjualan online / website e-commerce ini menghamburkan biaya atau tidak?
4.      Apakah sistem penjualan toko sukamart menggunakan penjualan online / website e-commerce ini sudah dapat dilaksanakan sesuai tujuan awal?
5.      Keluhan apa yang anda alami dari sistem yang lama?
6.      Apakah dengan sistem yang baru ini  dapat menutupi kekurangan dari sistem yang lama?

 VII. Analisis Kebutuhan User

            Dalam sistem penjualan toko sukamart menggunakan penjualan online / website e-commerce. Pelanggan, atau pembeli dapat memilih barang mana yanh hendak di beli, serta dengan cara pembayaran seperti apa pelanggan inginkan.  Maka Karakteristik User pada sistem Sukamart Online sebagai berikut:


1.Admin

Admin berperan untuk mengoperasikan database pada website sukamart. mulai dari penginputan data barang, serta mempunyai hak akses untuk meng update, meng edit, menghapus data barang bila ada perubahan data.

2.      Penjual

Penjual berperan sebagai pelaku bisnis terhadap toko serta penjual memberikan data kepada admin untuk menginput barang yang hendak di jual,

3.      Pelanggan / Pembeli

Pembeli berperan hanya untuk menggunakan website dimana pembeli memilih barang mana yang hendak di beli, serta melakukan konfirmasi pemesanan barang.

Data yang dibutuhkan:
1.   Data Barangi

Dokumen yang dihasilkan:

 Laporan hasil penjualan website Sukamart.com
    
VIII. Rancangan Antar Muka Pengguna (User Interface)
            Dalam tahan ini penulis akan menunjukan tampilan antar muka pengguna (User Interface). Proses ini sangat penting agar tidak terjadi kerancuan pada saat membuat desain interface aplikasi. Pada tahap ini perancangan tampilan dibuat untuk diimplementasikan dalam program sesungguhnya.
1      1.  Perancangan Tampilan Halaman Home



 2.      Perancangan Tampilan Halaman Login Dan Sign Up



 3.      Perancangan Tampilan Halaman Pilih Menu Home
 4.      Perancangan Tampilan Halaman Cart


 IV.         Implementasi Website
Untuk dapat di akses oleh semua orang maka website ini harus di publikasikan (upload) terlebih dahulu ke internet. Setelah selesai meng-upload website yang kita buat, maka semua orang dapat melihat informasi yang ada pada website ini.

1.      Tampilan Menu Home

            Halaman Home terdapat konten utama yang dapat pengguna gunakan seperti mencari barang, melihat kolom – kolom kategori barang serta dapat melukakan regristrasi dan login bila menginginkan pembelian dalam website sukamart.com

2.      Tampilan Halaman Login Dan Sign Up

            Halaman Registrasi dan LogIn , berisi form registrasi yang berguna untuk mendaftarkan diri sebelum proses pembelian barang di lakukan.
3.      Tampilan Halaman Pilih Menu Home
    

            Pada halaman ini berisikan mengenai info produk serta detail harga yang di cantumkan pada setiap barang, terdapat kategori barang lainnya, serta bisa memilah / men-sortir sesuai merek yang terdapat pada website sukamart.com .

4.      Tampilan Halaman Cart


            Halaman tampilan Cart berisikan mengenai barang yang hendak kita beli untuk di verifikasi untuk kepastian dalam tahap pembelian berikutnya. 

0 komentar:

Post a Comment