Bab 3
Pembahasan
I. I Gambaran
Umum Pengembangan Sistem Informasi Bisnis
A.
Gambaran Sistem Lama
Pada
Sistem yang lama proses belanja dilakukan secara konvensional yaitu pembeli
mendatangi tempat belanja yang diinginkan, memilih barang yang ingin dibeli,
dan membayarnya di kasir.
B. Gambaran Sistem Baru
Pada Sistem baru tahap yang harus
dilakukan para pembeli yang menggunakan jasa www.sukamart.com
adalah sebagai berikut :
1. Pengguna
membuka website www.sukamart.com/id menggunakan browser
baik dari komputer ataupun smartphone.
2. Pengguna membuat akun dengan mengisikan nama pengguna,
username, password, dan alamat e-mail.
3.
Setelah akun berhasil dibuat pengguna dapat langsung memesan dan melakukan
pembelian secara online melalui website tersebut.
4.
Lalu dalam proses pemesanan barang, pertama-tama pengguna memilih barang yang
diinginkan.
5.
Selanjutnya, pembeli mengisi form pemesanan barang dan pemesan dapat memilih tiga cara untuk pembayarannya, yaitu melalui
transfer bank, credit card, dan Cash On Delivery.
6. Setelah semua berhasil pengguna
hanya tinggal menunggu pesanannya datang di alamat yang tertera pada pemesanan
I. II. Analisa Kebutuhan
Dalam mengembangkan sebuah system informasi seperti system penjualan keperluan rumah tangga yang terlebih dahulu menggunakan system manual, sekarang system yang akan dikembangkan menggambarkan sebuah website penjualan keperluan rumah tangga. Berikut tahapan perancangan system penjualan melalui website.
Cara kerja dari website ini sebagai berikut:
1 1. Pengguna terlebih dahulu mengunjungi alamat sukamart.com
2 2. Pengguna mendaftarkan data diri.
3. Pengguna memilih barang yang hendak di beli, lalu klik tombol beli sehingga masuk kedalam kotak keranjang / cart.
4 4. Setelah semua terkumpul dalam cart. Lakukan chectout untuk konfirmasi ke anggotaan.
5 5. Lakukan pembayaran melalui 3 tahap.
Berikut merupakan deskripsi dari tahapan-tahapan yang dilakukan dalam pengembangan website penjualan yaitu:
1. Perencanaan
Tahapan pertama dari website ini yaitu mengumpulkan informasi atau data yang diperlukan dan berkaitan dengan materi yang dibahas, diantaranya:
· Menentukan barang apa saja yang masuk dalam penjualan website.
· Melakukan pencatatan barang yang hendak di jual didalam website.
· Menentukan bagaimana tata cara penjualan di website
2. Analisa
Pada tahapan ini berupa proses analisa kebutuhan, yaitu merencanakan bagaimana website di buat, perangkat lunak dan perangkat keras apa saja yang dibutuhkan, untuk membuat website.
3. Perancangan
Tahapan ini meliputi pembuatan model perancangan DFD dan pembuatan desain struktur navigasi dari aplikasi yang akan dibuat, sebagai bahan acuan untuk membuat aplikasi yang mudah untuk dioperasikan oleh pengguna. Selain itu, penulis juga melaukukan perancangan antar muka atau yang biasa disebut User Interface yang diperlukan untuk dasar pembuatan aplikasi yang dimaksud sehingga tampilan antarmuka aplikasi lebih terorganisir dan efektif
4. Implementasi
Pada tahapan implementasi dilakukan metode pengembangan sistem SDLC, dimana yang akan menjadi sampel atau contoh adalah sejumlah pengguna internet. Dalam metode SDLC ini akan menentukan apakah website ini layak untuk di distribusikan atau perlu adanya perbaikan lebih lanjut agar sesuai dengan fungsi dan tujuan yang diterapkan.
III. Perancangan Website
Dalam tahapan ini dirancang aplikasi berdasarkan hasil analisis dan pengumpulan data yang telah dilakukan, Pemodelan adalah proses merancang piranti lunak sebelum melakukan pengkodean (codding). Dalam pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan teknik pendekatan berorientasi objek yaitu Data Flow Diagram (DFD).
IV. Rencana
Kegiatan
Pengembangan
sistem ini akan dilaksanakan dalam waktu 3 bulan. Dalam 3 bulan tersebut akan
dilakukan berbagai tahap kegiatan seperti berikut ini:
1. Analisis
Menganalisa kegiatan
yang akan dilakukan untuk mendapatkan data secara terperinci bedasarkan sistem
yang akan dikembangkan dalam Website Sukamart.com. Dalam hal ini kami
merencanakan untuk melakukan kegiatan observasi dan wawancara untuk mendapatkan
data dari pihak yang bersangkutan. Berikut adalah rencana kegiatan berikut ini:
1. Melakukan
observasi dalam kegiatan jual beli pada warung sukamart, agar mengetahui
kendala apa saja yang terjadi dengan menggunakan penjualan manual.
2. Melakukan
wawancara kepada penjual dan pembeli.
3. Menyusun
laporan data hasil Wawancara Dan Observasi.
4. Menyusun
dan Menganalisa Kebutuhan sistem yang akan dikembangkan.
2. Perancangan
Sistem
Tahap ini adalah rancangan kegiatan dalam tahap
perancangan sistem sebagai berikut:
1. Pembelian
program untuk pengembangan sistem (Adobe Dreamweaver CC, Sql Server).
2. Melakukan
penggambaran sistem / desain website Sukamart.com
3. Pembelian
Hosting Server guna untuk menerbitkan website kepada public.
3. Implementasi
Pada tahap ini,
dilakukan pengkodingan website, Memasukan database barang yang di jual, dan
melakukan uji coba terhadap website apakah masih terdapat syntax error atau
tidak. Setelah uji coba website berhasil dengan baik, maka dilakukan pelatihan
penggunaan website pada penjual dan pengguna toko sukamart.
4. Dokumentasi
Dalam membuat dan
mengembangan sistem ini akan terdapat dokumentasi yang dibutuhkan termasuk
diantaranya seperti cacatan hasil analisis kegiatan dalam pengambilan data
observasi dan wawancara, cacatan rancangan program yang akan di buat, cacatan
kebutuhan yang diperlukan, cacatan hasil program yang sudah jadi, catatan hasil
uji coba kelayakan website sukamart.com. Dokumentasi dilakukan setiap aktifitas
berjalan.
5. Jadwal
Kegiatan
Untuk
merealisasikan kegiatan pengembangan sistem penjualan toko sukamart menggunakan
penjualan online / website e-commerce, Kurang lebih memerlukan waktu 3 bulan
dengan tahap kegiatan sebagai berikut:
V. Anggaran Biaya
No.
|
Perincian
|
Biaya ( Rupiah )
|
1.
|
Software
|
Rp. 2.500.000
|
1
|
Pembuatan Website
|
Rp. 5.000.000
|
4
|
Transportasi
|
Rp. 200.000
|
5
|
Dokumentasi
|
Rp. 300.000
|
Jumlah
|
Rp. 8.000.000
|
ANALISIS SISTEM
VI. Skenario Pengumpulan Data
Tujuan:
Untuk mengetahui tingkat kepuasan User tentang pengembangan sistem yang baru.
A.
Skenario
Observasi
Tujuan :
Menganalisa Sistem Penjualan Toko Sukamart
Hari/Tgl :
Senin – Sabtu / 10 - 15 November 2014
Tempat :
Toko SukaMart
` Lama Waktu : 6 Hari
B.
Skenario
Wawancara
Narasumber
: Bapak Budiman , Pemilik
Toko Sukamart
Hari/Tanggal : Senin, 17 November 2014
Tempat
: Toko
SukaMart
Jam/Lama
: 09.00 – 11.00 WIB
Daftar
Pertanyaan :
1. Bagaimana
menurut anda tentang pengembangan sistem penjualan toko sukamart menggunakan
penjualan online / website e-commerce ?
2. Apakah
anda setuju dengan adanya pengembangan sistem penjualan toko sukamart
menggunakan penjualan online / website e-commerce?
3. Menurut
anda apakah pengembangan sistem penjualan toko sukamart menggunakan penjualan
online / website e-commerce ini menghamburkan biaya atau tidak?
4. Apakah
sistem penjualan toko sukamart menggunakan penjualan online / website
e-commerce ini sudah dapat dilaksanakan sesuai tujuan awal?
5. Keluhan
apa yang anda alami dari sistem yang lama?
6. Apakah
dengan sistem yang baru ini dapat
menutupi kekurangan dari sistem yang lama?
VII. Analisis
Kebutuhan User
Dalam sistem penjualan
toko sukamart menggunakan penjualan online / website e-commerce. Pelanggan, atau pembeli dapat memilih
barang mana yanh hendak di beli, serta dengan cara pembayaran seperti apa
pelanggan inginkan. Maka Karakteristik
User pada sistem Sukamart Online sebagai berikut:
1.Admin
Admin berperan
untuk mengoperasikan database pada website sukamart. mulai dari penginputan
data barang, serta mempunyai hak akses untuk meng update, meng edit, menghapus
data barang bila ada perubahan data.
2.
Penjual
Penjual berperan
sebagai pelaku bisnis terhadap toko serta penjual memberikan data kepada admin
untuk menginput barang yang hendak di jual,
3.
Pelanggan
/ Pembeli
Pembeli berperan
hanya untuk menggunakan website dimana pembeli memilih barang mana yang hendak
di beli, serta melakukan konfirmasi pemesanan barang.
Data
yang dibutuhkan:
1.
Data Barangi
Dokumen yang
dihasilkan:
Dalam tahan ini penulis akan menunjukan tampilan antar muka pengguna (User Interface). Proses ini sangat penting agar tidak terjadi kerancuan pada saat membuat desain interface aplikasi. Pada tahap ini perancangan tampilan dibuat untuk diimplementasikan dalam program sesungguhnya.
1 1. Perancangan Tampilan Halaman Home
2. Perancangan Tampilan Halaman Login Dan Sign Up
3. Perancangan Tampilan Halaman Pilih Menu Home
4. Perancangan Tampilan Halaman Cart
IV. Implementasi Website
Untuk dapat di akses oleh semua orang maka website ini harus di publikasikan (upload) terlebih dahulu ke internet. Setelah selesai meng-upload website yang kita buat, maka semua orang dapat melihat informasi yang ada pada website ini.
1. Tampilan Menu Home
Halaman Home terdapat konten utama yang dapat pengguna gunakan seperti mencari barang, melihat kolom – kolom kategori barang serta dapat melukakan regristrasi dan login bila menginginkan pembelian dalam website sukamart.com
2. Tampilan Halaman Login Dan Sign Up
Halaman Registrasi dan LogIn , berisi form registrasi yang berguna untuk mendaftarkan diri sebelum proses pembelian barang di lakukan.
3. Tampilan Halaman Pilih Menu Home
Pada halaman ini berisikan mengenai info produk serta detail harga yang di cantumkan pada setiap barang, terdapat kategori barang lainnya, serta bisa memilah / men-sortir sesuai merek yang terdapat pada website sukamart.com .
4. Tampilan Halaman Cart
Halaman tampilan Cart berisikan mengenai barang yang hendak kita beli untuk di verifikasi untuk kepastian dalam tahap pembelian berikutnya.
0 komentar:
Post a Comment