Aplikasi open source adalah program komputer yang lisensinya memberi kebebasan kepada pengguna dalam menjalankan program tersebut untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi program tersebut, dan mendistribusikan penggandaan program asli atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti kepada pembuat sebelumnya.

            Pemilihan Open source sebagai developer sistem aplikasi dipilih Karena kelebihan menggunakan open source  dalam sisi ekonomi termasuk aplikasi gratis, Kelebihan dalam open source lainnya seperti dapat menggunakan computer lain tanpa harus adanya lisensi,  tetapi Open Source ini juga memiliki kekurangan didalam aplikasi seperti tools yang kurang lengkap dibandingkan aplikasi yang berlisensi.

           Menggunakan Aplikasi Open Source menutup kemungkinan mengurangi pembajakan terhadap aplikasi yang berlisensi, karena dalam menggunakan aplikasi ber lisensi kita di tuntut untuk membayar hak dalam aplikasi tersebut, bila menggunakan aplikasi pembajakan, dapat merusak citra Negara kita sebagai developer aplikasi.

       Biasanya Open Source di gunakan sebagai wadah belajar bagi para develop pemula dalam membangun sebuah aplikasi. Developer tidak diberatkan dalam membayar lisensi untuk membangun aplikasi, selain sebagai wadah pembelajaran open source memberikan hak paten bagi pengguna untuk menggunakannya serta dapat mendistribusikan aplikasi yang sudah jadi. .

Source :

0 komentar:

Post a Comment