1. Jelaskan dengan contoh “ Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar “!
Pengertian Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar .
Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah Bahasa Indonesia yangdigunakan sesuai dengan situasi pembicaraan (yakni, sesuai dengan lawanbicara, tempat pembicaraan, dan ragam pembicaraan) dan sesuai dengankaidah yang berlaku dalam Bahasa Indonesia (seperti: sesuai dengan kaidahejaan, pungtuasi, istilah, dan tata bahasa).

Contoh menggunakan Bahasa Indonesia Secara baik dan benar.
Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar” dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan di samping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul. Ungkapan “bahasa Indonesia yang baik dan benar” mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran. Bahasa yang diucapkan bahasa yang baku.

Contohnya adalah dialog sebagai berikut.
anak : Bu , Apakah saya boleh bermain hari ini? karena saya sudah mengerjakan tugas yang diberikan ibu guru.
ibu : Ya tentu saja, ibu sangat mempebolehkan kamu bermain, karena kamu sudah menyelesaikan tugas. Tapi untuk kesempatan lain kamu tidak dibolehkan bermain apabila tugas kamu belum kelar. 

Dialog ini adalah contoh bahasa baku tapi tidak baik karena penggunaan katanya tidak pas disaat waktu santai. Penggunaan kata harus disesuaikan dengan waktu yang tepat. Dan bila penggunaan bahasa tidak tepat dengan waktunya, maka tata bahasa yang digunakan akan terdengar kaku dan tidak enak untuk didengar.

2. Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi !

Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi merupakan saluran perumusan maksud kita, melahirkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan sesama warga. Ia mengatur berbagai macam aktivitas kemasyarakatan, merencanakan dan mengarahkan masa depan kita (Gorys Keraf, 1997 : 4). Komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh dari ekspresi diri. Komunikasi tidak akan sempurna bila ekspresi diri kita tidak diterima atau dipahami oleh orang lain.


Pada saat kita menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi, pasti kita memiliki tujuan tertentu agar lawan bicara kita mengerti apa maksud tujuan dari kalimat yang kita sampaikan. 


Contoh Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi :

Ambil dari contoh sederhana yaitu,. waktu kita meminta tolong kepada teman untuk dibelikan sebuah Air mineral, misal " Bung, Belikan saya aqua dong." kata Saya. Minta air mineral A dibelikan air mineral B. Yang dimaksud dalam kalimat ini adalah ketika kita ingin dibelikan sebuah Air Mineral, karena merek tesebut adalah pelopor air mineral. dan kebanyakan masyarakat menjadi salah arti dalam penggunaan fungsi bahasa tersebut.

Refrensi : 

http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia
http://daudp65.webs.com/bind/bibaik-bnar.htm


0 komentar:

Post a Comment